Pentingkah melatih anak berqurban sejak dini?

Hewan Qurban SD Muhammadiyah 6

Dalam berqurban, aturan dalam Islam, satu ekor hewan kurban sapi maksimal bisa untuk tujuh orang. Namun, bagaimana jika suatu sekolah berinisiatif mengumpulkan iuran dari para murid yang jumlahnya mencapai ratusan untuk membeli satu ekor sapi kurban.

Menanggapi hal itu SD Muhammadiyah 6 melalui Kepala Sekolahnya Munahar, S.H.I mengatakan: “bahwa hal itu bisa dilaksanakan dengan tujuan untuk pembelajaran bagi para siswa di sekolah”.

“Memang secara syar’inya satu hewan qurban sapi untuk tujuh orang, tapi kalau di sekolah bisa dilaksanakan untuk tujuan pembelajaran bagi para siswa,” katanya.

Munahar yang juga menjabat di Majelis Tablig PWM Jawa Timur ini menambahkan, sangat penting bagi siswa kita latih untuk berqurban sejak usia dini. Dengan program iuran yang terhimpun akan dibelanjakan hewan kambing atau sapi. Selanjutnya hewan akan dipotong di saat Idul Adha. Kegiatan mulia ini di mulai dari pembelian hewan qurban hingga pembagian daging akan melibatkan siswa-siswi tersebut,” ujarnya

“Alhamdulilah, program ini mendapat respon baik dari warga sekolah, salah satunya banyak iuran yang terkumpul dan antusias wali murid yang mempercayakan qurbannya kepihak sekolah,” tutur Basirun selaku kaur ISMUBA.

Ditanya soal jumlah hewan kurban dan instansi yang akan berkurban pada Idul Adha 1438 Hijriah tahun ini, Basirun menjelaskan bahwa qurban tahun ini terkumpul 2 ekor sapi dan 12 kambing. Namun untuk kambing tidak semua disembelih di sekolah, beberapa kita berikan kepada sekolah-sekolah yang lebih membutuhkan untuk syiar mereka diwilayah tempat sekolah berada.

Program kegiatan ini akan sangat membantu pihak sekolah menanamkan kepedulian siswa kepada sesama, terutama di hari-hari mulia di dalam Islam. (MDK)