Pembelajaran Luar Kelas

BELAJAR KESEHATAN DI PUSKESMAS

aaKegiatan pembelajaran memang tidak selamanya harus dilaksanakan di kelas, terkadang juga harus ditempat sumber dimana informasi itu secara langsung dapat diperoleh. Puskesmas misalnya, di tempat inilah kita akan mendapatkan informasi berbagai jenis penyakit, penyebab, cara menghidari, dan bahkan mengobatinya.

Inilah yang menjadi daya tarik guru kelas V, SD Muhammadiyah 6 Gadung-Surabaya, Bapak Basirun dan Ibu Khusnul hingga mengajak 55 siswanya ke Pusat Kesehatan Masyarakat yang dulu terkenal dengan nama BKIA ( Balai Kesehatan dan Imunisasi Anak ) yang berada di Jalan Raya Bendul Merisi ini.

Pihak Puskesmaspun menyambutnya dengan antusias. Bak dosen yang memberikan kuliahnya kepada mahasiswa, Ibu dr. Sri Peni Tjahjati, kepala Puskesmas Jagir ini menjelaskan secara detil setiap pertanyaan yang diajukan oleh siswa, mulai dari penyakit Demam Berdarah (DBD), penyebab, gejala dan cara menghindarinya hingga sampai pada pengenalan Virus HIV AIDS. praktis hal ini semakin mengundang penasaran bagi siswa untuk lebih mendalami permasalahan ini, tidak cukup dengan itu seluruh siswapun diizinkan untuk masuk ke setiap ruangan dan bertanya baik kepada pasien maupun dokter yang merawat pasien tersebut.

Kegitan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Maret 2010 dimaksudkan untuk memberikan informasi yang lebih tentang pentingnya sehat bagi kehidupan setiap manusia, “ Kami berharap setiap siswa memiliki dasar-dasar ilmu kesehatan, sehigga mereka akan berusaha menjaga diri dari penyakit-penyakit yang membahayakan dengan cara berprilaku hidup bersih dan sehat, minimal tidak mengkonsumsi makanan sembarangan “, ujar Bapak Basirun, Wali Kelas V-A yang juga kaur HUMAS dan Kesiswaan ini disela-sela istirahatnya. (har)

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.